Photoshop Hadirkan Fitur AI Canggih, Background Hilang Sekejap!

Photoshop Hadirkan Fitur AI Canggih, Background Hilang Sekejap!
Photoshop Hadirkan Fitur AI Canggih, Background Hilang Sekejap! (Foto: Adobe)
0 Komentar

RealitaKita – Dalam konferensi Adobe Max yang baru saja berlangsung, Adobe memperkenalkan sejumlah fitur AI terbaru untuk rangkaian aplikasi Creative Cloud, termasuk Photoshop.

Salah satu fitur AI terbaru di Photoshop adalah kemampuan untuk menghapus latar belakang secara otomatis. Namun, pengumuman yang paling menonjol dalam konferensi tahunan ini adalah pengenalan model generative AI Firefly yang lebih canggih, yang kini juga tersedia untuk Illustrator, InDesign, dan Premiere Pro.

Fitur penghapus latar belakang di Photoshop ini diberi nama “Distraction Removal”, yang menjadi bagian dari “Remove Tool”. Fungsinya mirip dengan fitur Magic Eraser yang terdapat pada Google Pixel, memungkinkan pengguna untuk menghilangkan objek yang tidak diinginkan dari latar belakang foto.

Baca Juga:Popularitas Laptop 16 Inch Meroket, Tapi Laptop 14 Inch Masih Kuasai Pasar!Asus TUF Gaming A16 Resmi Hadir di Indonesia

Cara penggunaannya pun sangat sederhana, di mana pengguna cukup “mengusap” layar untuk menghapus latar belakang yang tidak diinginkan. Selain itu, terdapat juga opsi penghapusan otomatis, di mana AI dapat mengenali objek-objek yang mungkin ingin dihapus, seperti orang, kabel, dan objek lainnya.

Selain itu, terdapat sejumlah fitur lainnya seperti Generative Fill, Generative Expand, Generate Similar, dan Generate Background yang sebelumnya sudah ada namun kini diperbarui dengan model Firefly Image 3.

Menurut Adobe, pembaruan ini meningkatkan kualitas hasil gambar baik dari segi variasi maupun tingkat realisme. Pembaruan tersebut juga membuat AI mampu memahami perintah dengan lebih baik dibandingkan model sebelumnya.

Khusus untuk aplikasi Photoshop versi web, kini juga dilengkapi dengan fitur AI yang memudahkan pengguna dalam memilih objek dalam sebuah gambar, seperti yang dilaporkan oleh RealitaKita dari The Verge pada Rabu (16/10/2024).

Adobe Illustrator juga mengalami pembaruan dengan fitur “Object on Path”, yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan beberapa objek sekaligus mengikuti jalur yang telah ditentukan. Fitur Image Trace kini dapat mengonversi gambar dalam format JPEG, PNG, PSD, dan lainnya menjadi vektor yang dapat diatur ukurannya dengan lebih cepat. Gambar vektor hasil konversi ini dijanjikan lebih bersih dan lebih akurat dibandingkan gambar aslinya.

Fitur Generative Expand yang sebelumnya hanya tersedia di Photoshop, kini juga dapat digunakan di InDesign, memungkinkan pengguna untuk memperbesar gambar agar sesuai dengan tata letak yang diinginkan.

0 Komentar