Popularitas Laptop 16 Inch Meroket, Tapi Laptop 14 Inch Masih Kuasai Pasar!

ROG Strix SCAR 16 (2024) G634
Popularitas Laptop 16 Inch Meroket, Tapi Laptop 14 Inch Masih Kuasai Pasar! (screenshot ROG Strix SCAR 16 (2024) G634 @Asus)
0 Komentar

RealitaKita – Tren ukuran layar laptop terus mengalami perubahan, dan laptop dengan layar 16 inci semakin diminati oleh pengguna. Meskipun demikian, laptop berukuran 14 inci masih menjadi pilihan utama bagi banyak konsumen.

Keunggulan layar yang lebih besar pada laptop 16 inci mulai dirasakan oleh pengguna, terutama bagi mereka yang membutuhkan ruang kerja yang lebih luas dan pengalaman visual yang lebih mendalam.

Kepala Humas Asus Indonesia, Muhammad Firman, menyampaikan bahwa saat ini permintaan untuk laptop berukuran 16 inci sangat tinggi, tidak hanya di pasar global tetapi juga di Indonesia.

Baca Juga:Asus TUF Gaming A16 Resmi Hadir di IndonesiaKejuaraan Dunia Honor of Kings 2024 Segera Dimulai, Tiga Tim Indonesia Siap Berlaga

“Sampai Agustus 2024, penjualan laptop gaming dan creator dengan ukuran 16 inci hampir mencapai total penjualan tahun 2023,” ungkap Firman dalam acara peluncuran laptop Asus TUF Gaming A16 di Jakarta, Selasa (15/10/2024).

Permintaan yang meningkat ini didorong oleh kebutuhan layar yang lebih besar, terutama di kalangan gamer dan content creator.

“Untuk pekerjaan profesional, laptop 15 inci mungkin sudah kurang memadai, terutama bagi mereka yang bekerja di industri kreatif. Mereka cenderung membutuhkan layar yang lebih besar. Ketika laptop 16 inci mulai tersedia dan semua merek menghadirkan produk tersebut, permintaannya langsung melonjak, dan dari sisi penjualan pun mengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap tahunnya,” jelas Firman.

Meskipun ada peningkatan signifikan, pangsa pasar laptop gaming 16 inci di Indonesia masih relatif kecil. Hingga saat ini, laptop gaming berukuran 14 inci masih mendominasi, meskipun pasar Asia Pasifik dan global sudah mulai beralih dari ukuran ini.

“Di Indonesia, permintaan untuk laptop 14 inci masih sangat tinggi, oleh karena itu kami menghadirkan Zephyrus G14 dan TUF Gaming A14. Permintaan dari pengguna di Indonesia sangat signifikan. Oleh karena itu, kami melihat potensi menarik dalam pengembangan laptop ukuran 14 dan 16 inci, dibandingkan dengan ukuran 15 inci,” jelas Firman.

“Pada awalnya, laptop dengan ukuran 15 inci sangat populer. Untuk gaming, biasanya digunakan laptop berukuran 15 dan 17 inci. Namun, saat ini terjadi pergeseran ke ukuran 16 inci dan juga 14 inci,” tambahnya.

Firman juga memprediksi bahwa laptop 16 inci akan semakin populer dalam 2-3 tahun mendatang. Meskipun harganya masih di atas Rp 20 juta, perangkat ini tetap banyak diminati.

0 Komentar