CEO Apple Akui iPhone Tertinggal dalam Pengembangan AI

CEO Apple Akui iPhone Tertinggal dalam Pengembangan AI
CEO Apple Akui iPhone Tertinggal dalam Pengembangan AI. (screenshot @Apple)
0 Komentar

RealitaKita – Apple Intelligence menjadi salah satu fitur utama pada seri iPhone 16. Namun, karena peluncurannya yang tertunda, Apple dinilai tertinggal dalam hal kecerdasan buatan (AI). Secara mengejutkan, CEO Apple, Tim Cook, setuju dengan pandangan tersebut.

Dalam wawancara dengan Wall Street Journal, Cook mengakui bahwa Apple memang tidak menjadi pelopor dalam mengintegrasikan AI ke dalam perangkat mereka. Namun, ia menekankan bahwa fokus utama Apple adalah memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna.

“Kami bukan yang pertama dalam hal kecerdasan buatan. Namun, kami melakukannya dengan cara yang menurut kami paling baik untuk pelanggan,” ujar Cook, dikutip dari Gizmodo, Selasa (22/10/2024).

Baca Juga:Daftar 41 HP dan Tablet Samsung yang Akan Mendapatkan Update Android 15Nostalgia! Age of Empires Mobile Resmi Diluncurkan di Android dan iPhone

Cook menambahkan bahwa terkadang perusahaan dapat menjadi yang pertama sekaligus terbaik. Namun, jika harus memilih salah satu, ia menegaskan bahwa menjadi yang terbaik adalah pilihan yang lebih tepat.

“Jika hanya bisa memilih salah satu, tidak ada keraguan. Jika Anda bertanya kepada 100 orang, 100 dari mereka akan mengatakan bahwa yang terpenting adalah menjadi yang terbaik,” lanjutnya.

Baru-baru ini, jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, melaporkan bahwa internal Apple percaya AI mereka tertinggal dua tahun dibandingkan pesaing seperti Google, OpenAI, dan Meta. Studi internal menunjukkan bahwa ChatGPT 25% lebih akurat daripada Siri dan mampu menjawab 30% lebih banyak pertanyaan.

Apple Intelligence memang belum tersedia saat peluncuran seri iPhone 16. Layanan AI ini baru akan diluncurkan pada 28 Oktober bersamaan dengan pembaruan iOS 18.1.

Pada peluncuran awal, fitur-fitur Apple Intelligence masih terbatas, seperti opsi untuk transkripsi panggilan telepon dan rekaman di aplikasi Notes, alat penulisan untuk menulis ulang dan merangkum teks, fitur Clean Up di Photos untuk menghapus objek yang mengganggu dalam foto, serta tampilan baru untuk Siri.

Fitur-fitur unggulan lainnya akan dirilis secara bertahap melalui pembaruan iOS 18 versi selanjutnya, termasuk integrasi ChatGPT di Siri, Genmoji, Image Playground, dan Siri yang lebih personal.

Cook sendiri sudah menggunakan Apple Intelligence untuk merangkum email dari pelanggan Apple, sebuah fitur yang ia sebut telah mengubah hidupnya. Ia juga meyakini bahwa Apple Intelligence akan membawa perubahan signifikan bagi pengguna Apple, sebanding dengan inovasi click wheel pada iPod dan layar sentuh pada iPhone.

0 Komentar