Inilah Cara dan Niat Sholat Lailatul Qadar 2 Rakaat

Cara dan Niat Sholat Lailatul Qadar 2 Rakaat
Cara dan Niat Sholat Lailatul Qadar 2 Rakaat/foto via Screenshot Freepik
0 Komentar

REALITAKITA –  Malam Lailatul Qadar merupakan momen yang istimewa serta dinanti-nantikan oleh umat Islam selama bulan Ramadhan. Salah satu amalan penting yang dilakukan pada malam tersebut adalah menunaikan sholat Lailatul Qadar.

Sebelum melaksanakan ibadah sunnah ini, penting untuk memahami dengan jelas niat dan tata cara pelaksanaannya.

Malam Lailatul Qadar jatuh pada tanggal ganjil di antara sepuluh malam terakhir dalam bulan Ramadhan.

Baca Juga:Ini Dia 5 Tips Meninggalkan Rumah Saat Pergi Mudik Agar Selalu Aman!Daftar 7 Hotel di Pangandaran Untuk Istirahat Mudik dan Liburan Panjang Idulfitri

Rasulullah Saw menganjurkan umatnya untuk memperbanyak ibadah pada malam tersebut, sebagaimana yang disampaikan dalam hadis riwayat Muttafaq yang diambil dari buku Tuntunan Lengkap 99 Salat Sunah Superkomplet.

Sholat Lailatul Qadar dapat dilakukan setelah sholat Isya dan tarawih pada malam hari hingga menjelang waktu Subuh, sekitar pukul 3 pagi. Ibadah ini dapat dilakukan secara individu atau berjamaah, dengan minimal dua rakaat satu salam atau empat rakaat satu salam.

Adapun niat dan tata cara pelaksanaan sholat Lailatul Qadar dua rakaat dapat dijelaskan sebagai berikut:

Cara dan Niat Sholat Lailatul Qadar 2 Rakaat

Pada rakaat pertama:1. Berdiri tegak menghadap kiblat sambil membaca niat sholat Lailatul Qadar dua rakaat.

أُصَلِّى سُنَّةَ لَيْلَةِ الْقَدْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالٰىUshalli sunnatan fi lailatul qadri rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya niat sholat sunnah Lailatul qadar dua rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah taala.”

2. Melakukan takbiratul ihram.3. Membaca doa iftitah.4. Membaca surat Al Fatihah.5. Membaca surat Al Ikhlas sebanyak 7 kali.6. Rukuk, iktidal, sujud pertama, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, duduk untuk tasyahud awal, lalu bangkit untuk memulai rakaat kedua.

Baca Juga:Wisata Pantai Pangandaran Cocok Untuk Liburan Lebaran 2024, Segini Tiket Masuk Nya5 Wisata Populer di Lembang Bandung untuk Liburan Lebaran

Selain itu, untuk menyempurnakan ibadah, muslim juga dianjurkan membaca doa malam Lailatul Qadar yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. Doa tersebut dapat membantu memperoleh ampunan serta ridha Allah Ta’ala

أَسْتَغْفِرُ اللهَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullaha wa atubu ilayhi.

Artinya: “Aku memohon ampunan Allah dan aku bertobat kepada-Nya.”

Doa malam Lailatul qadarUntuk menyempurnakan ibadah, muslim juga dapat membaca doa malam Lailatul qadar yang diajarkan oleh Rasulullah Saw berikut ini, seperti yang dikutip dari buku Doa-Doa Mustajabah.

للّٰهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌ كَرِيْم تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّيْ يَاكَرِيْم

Allahumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni ya karim.

0 Komentar