Apple dan Samsung Berkompetisi Ketat di Pasar Smartphone Global, Xiaomi Siap Ikuti!

Apple dan Samsung Berkompetisi Ketat di Pasar Smartphone Global, Xiaomi Siap Ikuti!
Apple dan Samsung Berkompetisi Ketat di Pasar Smartphone Global, Xiaomi Siap Ikuti! (Foto: Samsung)
0 Komentar

RealitaKita – Apple dan Samsung masing-masing meluncurkan ponsel terbaru mereka pada kuartal ketiga tahun 2024. Firma analis pasar, Canalys, baru saja merilis laporan mengenai kinerja penjualan keduanya selama periode tersebut.

Berdasarkan laporan terbaru Canalys, pengapalan ponsel global meningkat sebesar 5% pada kuartal ketiga 2024, menandai pertumbuhan selama empat kuartal berturut-turut. Peningkatan ini didorong oleh permintaan di negara-negara berkembang serta siklus pembaruan perangkat di Amerika Utara, China, dan Eropa.

Pada kuartal ketiga 2024, Samsung dan Apple menduduki posisi teratas dengan pangsa pasar masing-masing sebesar 18%. Sementara itu, Xiaomi berhasil mempertahankan posisi ketiga dengan pangsa pasar sebesar 14%.

Baca Juga:Popularitas Laptop 16 Inch Meroket, Tapi Laptop 14 Inch Masih Kuasai Pasar!Asus TUF Gaming A16 Resmi Hadir di Indonesia

Oppo naik ke posisi keempat untuk pertama kalinya sepanjang tahun ini dengan pangsa pasar sebesar 9%, berkat pertumbuhan yang signifikan di India dan Amerika Latin. Vivo melengkapi lima besar dengan pangsa pasar sebesar 9%.

“Apple meraih volume penjualan tertingginya pada kuartal ketiga, dan belum pernah sedekat ini untuk memimpin pasar smartphone global pada kuartal ketiga dibandingkan saat ini,” kata Runar Bjørhovde, analis Canalys, seperti dikutip dari Android Authority pada Selasa (15/10/2024).

“Peralihan pasar menuju perangkat premium, yang didorong oleh siklus pembaruan perangkat yang dibeli selama pandemi, memberikan keuntungan bagi Apple, terutama di wilayah basisnya seperti Amerika Utara dan Eropa,” lanjutnya.

Pertumbuhan Apple terutama didorong oleh tingginya permintaan untuk iPhone 15 series dan model iPhone sebelumnya. Dampak dari penjualan iPhone 16 series belum sepenuhnya terasa karena ponsel terbaru tersebut baru mulai dijual tiga hari sebelum kuartal ketiga berakhir.

Namun demikian, Canalys memproyeksikan bahwa iPhone 16 series akan memberikan kontribusi signifikan bagi Apple pada akhir tahun 2024 dan mendorong momentum pertumbuhan pada kuartal pertama 2025, terutama setelah peluncuran fitur Apple Intelligence di lebih banyak negara dan dalam lebih banyak bahasa.

Le Xuan Chiew, analis Canalys, menambahkan bahwa jarak antara lima vendor ponsel teratas semakin menyempit, yang menunjukkan kompetisi pasar yang semakin ketat. Vendor-vendor ini diperkirakan akan memanfaatkan momentum belanja akhir tahun seperti 11.11 dan Black Friday untuk menarik minat konsumen.

0 Komentar