8 Manfaat Jus Timun untuk Kesehatan, Bisa Juga untuk Perawatan Kulit Basmi Jerawat

manfaat jus timun
Ilustrasi Manfaat Jus Timun
0 Komentar

REALITAKITA – Inilah manfaat jus timun untuk kesehatan. Buah timun punya banyak manfaat mulai dari memberikan hidrasi hingga membantu mengendalikan tekanan darah.

Manfaatnya akan optimal kalau kamu mengolah seluruh buah timun sekaligus kulitnya.

Salah satu buah yang menyegarkan adalah timun. Banyak yang menyantap timun secara langsung jadi lalapan atau membuatnya jadi jus.

Baca Juga:Inilah Rekomendasi Perawatan Kulit Wajah untuk Remaja Agar Glowing Alami11 Jus untuk Diet yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah, Lengkap dengan Takaran Gramasinya

Malah, jus dan es timun suka jadi hidangan buka puasa karena memang menyegarkan.

Salah satu manfaat jus timun yang paling utama adalah kadar air yang tinggi. Dari sini jugalah sumber kesegaran timun itu.

1. Mencukupi Kebutuhan CairanTimun punya kandungan air yang tinggi. Hampir sekitar 96% kandungan timun adalah air.

Maka itu, minum jus timun atau memakannya mentah akan membantu kamu mencukupi kebutuhan cairan.

2. Kaya NutrisiWalau sebagian besar kandungannya adalah air, tentu saja ada nutrisi berupa vitamin dan mineral dari timun.

Kandungan mineral yang paling besar adalah kalium. Selain itu, timun juga punya kandungan serat yang bagus untuk pencernaan, terutama pada bagian kulitnya.

3. Membantu Mengontrol Tekanan DarahMengingat mineral paling tinggi di dalam timun adalah kalium, tak heran kalau jus timun sering jadi salah satu minuman untuk hipertensi. 

Baca Juga:Tips Merawat Kulit untuk Wanita Agar Terlihat Lebih Cantik10 Manfaat Jus Timun untuk Kesehatan, Menangkal Radikal Bebas

4. Membantu Menurunkan Berat BadanJus mentimun atau buah aslinya punya manfaat sebagai jus menurunkan berat badan. Ini karena timun punya kandungan kalori yang rendah.

5. Menjaga Kadar Gula DarahDalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa manfaat timun adalah dapat membantu menjaga kadar gula darah. Bisa jadi, ini karena kalori, karbohidrat, dan kandungan gulanya yang rendah.

6. Memperkuat TulangTernyata, jus mentimun dan buah utuhnya punya manfaat untuk kesehatan tulang. Ini karena di dalam timun ada kandungan vitamin K dan kalsium.

7. Melancarkan PencernaanKarena timun tinggi kandungan air, salah satu manfaat yang bisa kamu rasakan adalah membantu pencernaan lebih lancar. Soalnya, kebanyakan penyebab sembelit adalah kurang cairan.

8. Bagus untuk Kesehatan KulitManfaat jus timun juga bisa terasa di kulit kamu, lho. Sebab, dengan cukup cairan, kulit jadi terhidrasi dan lebih lembap.

Kandungan air yang tinggi juga membantu mengeluarkan racun. Kemudian, ada juga kandungan vitamin B5 yang bisa membantu mengatasi jerawat. (PKL2/idr)

0 Komentar