Google Meet Hadirkan Fitur Anotasi Langsung Untuk Permudah Presentasi

Anotasi Google Meet
Google Meet hadirkan buat anotasi untuk mudahkan presentasi. (screenshot @google.com)
0 Komentar

Realita Kita – Pengguna Google Meet saat ini memiliki kemampuan untuk membuat anotasi selama sesi presentasi berkat pembaruan terbaru dari Google. Fitur baru ini secara otomatis akan aktif ketika pengguna memulai presentasi mereka.

Anotasi, yang diartikan sebagai catatan yang diberikan oleh penulis atau pihak lain untuk memberikan penjelasan, komentar, atau kritik terhadap teks sastra atau materi tertulis lainnya, kini dapat diakses melalui menu anotasi baru dalam aplikasi Meet. Berbagai alat seperti pena, tinta yang hilang, stiker, kotak teks, dan lainnya juga telah tersedia.

Selain menambahkan fitur ini ke dalam Meet, Google juga memperkenankan pengguna untuk menunjuk co-annotator. Untuk menambahkan co-annotator, pengguna hanya perlu membuka panel orang atau mengarahkan kursor ke ubin video pengguna, lalu memilih opsi lainnya (ikon tiga titik) dan memilih opsi ‘Tambahkan sebagai co-annotator’.

Baca Juga:Bocoran Performa dari Samsung Galaxy Z Flip 6, Sekencang Apa Ya?WhatsApp Komunitas Menghadirkan Fitur Baru, Bikin Event Jadi Lebih Mudah!

Fitur anotasi dan co-anotasi tersedia untuk berbagai edisi Google Workspace, termasuk Business Starter, Standard, dan Plus; Enterprise Starter, Standard, dan Plus; Pemula Garis Depan dan Standar; Esensial, Esensial Perusahaan, dan Esensial Perusahaan Plus; Standar Pendidikan, Plus, Peningkatan Pengajaran & Pembelajaran; serta Ruang Kerja Pelanggan perorangan.

Pengguna Android dapat menggunakan anotasi saat mereka membagikan layar mereka dan memilih opsi Seluruh Layar. Namun, fitur anotasi bersama tidak tersedia untuk pengguna Android saat ini, tetapi akan ditambahkan dalam pembaruan mendatang.

Sementara itu, pengguna iOS tidak memiliki akses untuk menggunakan anotasi selama presentasi, namun mereka dapat berpartisipasi sebagai co-anotator jika diundang oleh pengguna melalui web.

Ketersediaan fitur baru ini akan berbeda tergantung pada domain pengguna. Domain Rilis Cepat dijadwalkan akan menerima pembaruan dalam dua minggu ke depan, sementara domain Rilis Terjadwal dijadwalkan untuk menerima pembaruan pada 25 April, dengan periode peluncuran yang dapat berlangsung hingga 15 hari. Ini dikutip oleh Realitakita.com dari PhoneArena pada Kamis, 25 April 2024.

0 Komentar