Android 15 Siap Hadir dengan Fitur Pengecekan Kesehatan Penyimpanan Internal

Android 15 Siap Hadir dengan Fitur Pengecekan Kesehatan Penyimpanan Internal
Android 15 Siap Hadir dengan Fitur Pengecekan Kesehatan Penyimpanan Internal/foto via screenhot/jagat gadget
0 Komentar

REALITAKITA –  Android 15 dijadwalkan akan dilengkapi dengan sejumlah fitur baru dan peningkatan yang signifikan. Informasi terbaru menunjukkan bahwa sistem operasi Google tersebut akan menyertakan fitur “Storage Health”, yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa kondisi chip penyimpanan internal pada perangkat pintar mereka.

Sebagaimana dilaporkan oleh Android Authority, fitur Storage Health ini ditemukan melalui API baru dalam Android Open Source Project.

Meskipun belum ada petunjuk yang pasti mengenai fitur tersebut, diperkirakan bahwa fitur tersebut akan serupa dengan fitur yang ada untuk memantau kesehatan baterai, tetapi kali ini ditujukan untuk chip penyimpanan internal.

Baca Juga:5 Cara Untuk Membeli Masa Aktif Telkomsel agar Nomor Tetap Aktif5 Cara Memeriksa Nomor XL Terbaru 2024 Dengan Mudah dan Praktis

Seperti halnya komponen hardware lainnya, chip penyimpanan internal juga mengalami penurunan performa seiring berjalannya waktu.

Namun, hingga saat ini belum ada cara yang mudah bagi pengguna untuk mengetahui seberapa besar penurunan performa yang terjadi pada chip penyimpanan tersebut. Dengan hadirnya Android 15, tampaknya hal ini akan menjadi lebih mudah dilakukan.

Fitur ini akan mengambil informasi langsung dari chip penyimpanan, terutama pada perangkat smartphone modern yang umumnya menggunakan jenis penyimpanan UFS (Universal Flash Storage) yang dilengkapi dengan sensor bawaan untuk memantau “sisa umur” mereka.

Android 15 akan dapat mengakses informasi ini dan menggambarkannya dalam bentuk persentase yang lebih mudah dipahami.

Namun, penting untuk dicatat bahwa fitur Storage Health masih dalam tahap pengembangan dan mungkin tidak akan tersedia untuk semua perangkat yang menjalankan Android 15.

Perangkat Google Pixel, seperti biasanya, kemungkinan akan menjadi salah satu yang pertama mendukung fitur ini.

Meskipun mungkin tidak semua orang memperhatikan kondisi penyimpanan internal perangkat mereka, informasi ini seharusnya sangat berguna bagi pengguna untuk dapat mengantisipasi ketika kesehatan penyimpanan mereka mulai menurun. Bagaimana pendapat Anda tentang hal ini?

(hil/hil)

 

0 Komentar