Palworld Mencapai 19 Juta Pemain, Pengembang Kekurangan Server

Palworld Capai 19 Juta Pemain Developer Harus Sewa Server. Foto: Palworld @Steam
Palworld Capai 19 Juta Pemain Developer Harus Sewa Server. Foto: Palworld @Steam
0 Komentar

Realita Kita – Popularitas Palworld terus meroket dengan mencapai 19 juta gamer yang bermain. Tentu saja, ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi developer Pocketpair. Namun, di balik kegembiraan itu, mereka dihadapkan pada kesulitan dalam menyewa server yang memadai.

Capaian mencapai 19 juta pemain terjadi hanya dalam dua minggu setelah perilisan game, meskipun game ini hanya tersedia terbatas di Xbox dan PC, belum mencakup PlayStation dan platform lainnya.

Dengan jumlah pemain yang melimpah, Pocketpair harus mengalokasikan dana sebesar USD 478 ribu atau sekitar Rp 7,5 miliar setiap bulannya untuk menyewa server. Tugas utama mereka adalah memastikan ketersediaan server yang mencukupi untuk menampung jumlah pemain yang begitu besar.

Baca Juga:Waspadalah! Penipuan APK Melalui WhatsApp, Bahaya Begini Cara MengatasinyaSnap PHK 500 Karyawan, Langkah Terbaru dalam Perubahan Perusahaan

Informasi ini datang dari seorang insinyur jaringan Pocketpair bernama Chujo Hiroto, yang berbagi di akun X-nya. Menurut Hiroto, tim jaringan Pocketpair mendapat instruksi langsung dari CEO Takuro Mizobe untuk menjaga agar jaringan game Palworld tetap online dengan tingkat ketersediaan 100%.

Hiroto menambahkan bahwa Mizobe menginstruksikan agar jaringan Palworld tidak boleh mati, tak peduli apa alasannya. Untuk memenuhi permintaan CEO, Hiroto dan timnya harus memperkuat infrastruktur server mereka, biayapun bukanlah masalah.

Mengelola kesehatan server merupakan beban biaya besar bagi studio game, dan biaya sebesar USD 478 ribu per bulan merupakan jumlah yang signifikan, terutama bagi developer indie.

Meskipun biaya server yang tinggi adalah hal yang lazim untuk game AAA dengan jumlah pemain yang besar, untuk developer kecil seperti Pocketpair, angka 19 juta pemain merupakan pencapaian yang luar biasa.

Mizobe bahkan bercanda dengan menyatakan bahwa Pocketpair bisa bangkrut karena biaya server yang begitu besar.

Namun, dengan pendapatan sebesar USD 300 juta yang mereka peroleh dari Steam saja, dan tambahan pendapatan dari penjualan di Xbox dan PC Game Pass, Pocketpair seharusnya tidak perlu khawatir akan kebangkrutan akibat biaya server.

0 Komentar