Snapdragon XR2 Plus Gen 2, Chip VR Terbaru Qualcomm yang Akan Menantang Apple Vision Pro

Qualcomm Baru Saja Perkenalkan Chip Terbaru Mereka Yakni Snapdragon XR2 Plus Gen 2
Qualcomm Baru Saja Perkenalkan Chip Terbaru Mereka Yakni Snapdragon XR2 Plus Gen 2
0 Komentar

Realita Kita – Snapdragon XR2 Plus Gen 2, yang baru diperkenalkan oleh Qualcomm, diungkapkan sebagai chip yang akan bersaing dengan Apple Vision Pro di ranah headset VR. Chip ini merupakan penerus Snapdragon XR2 Gen 2 yang digunakan pada Meta Quest 3.

Keunggulan dari Snapdragon XR2 Plus Gen 2 termasuk kemampuan merender gambar dengan resolusi tinggi, yakni 4,3K per mata dengan frame rate 90fps. Hal ini merupakan peningkatan dari XR2 Gen 2 yang memiliki resolusi 3K per mata.

Chip ini juga mendukung penggunaan 12 kamera secara bersamaan untuk fitur passthrough video, pemantauan tubuh, dan wajah. Di sektor GPU, Qualcomm mengklaim bahwa XR2 Plus Gen 2 memiliki clock speed 15% lebih cepat, dan CPU yang 20% lebih kencang dibandingkan XR2 Gen 2. Peningkatan ini penting untuk mendukung fitur “spatial computing” dengan resolusi 4K.

Baca Juga:Gebrakan Terbaru Apple Harga iPhone 15 Dipangkas, Tantangan di Pasar China Semakin Ketat!5 Cara Pakai Google Bard, Teknologi AI Mirip ChatGPT

Selain menghadirkan chip, Qualcomm juga menyediakan desain headset referensi AR dan VR untuk membantu produsen dalam mempercepat pengembangan dan produksi headset mereka. Qualcomm mengumumkan kerja sama dengan lima pabrikan, termasuk HTC, dalam membangun headset tersebut.

Kerja sama dengan Google dan Samsung juga dijalin, meskipun belum ada informasi konkret mengenai headset dari kedua perusahaan tersebut.

Google menghadapi kendala setelah kepala divisinya, Mark Lucovsky, dan beberapa anggota timnya mengalami perubahan, sementara Samsung mengalami penundaan dalam pengembangan perangkat kerasnya.

Sementara itu, Apple diperkirakan akan merilis Vision Pro dalam beberapa minggu ke depan, menurut sumber dari Realitakita.com yang dikutip dari The Verge pada Rabu (17/1/2024).

0 Komentar