Gebrakan Terbaru Apple Harga iPhone 15 Dipangkas, Tantangan di Pasar China Semakin Ketat!

Apple Lakukan Pemangkasan Harga iPhone Karena Penjualannya Menurun
Apple Lakukan Pemangkasan Harga iPhone Karena Penjualannya Menurun
0 Komentar

Realita Kita – Apple menghadirkan kejutan dengan mengurangi harga dari seri iPhone 15 di China. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap penurunan signifikan penjualan iPhone yang telah dilaporkan oleh analis di negara tersebut.

Dengan tanpa banyak pengumuman, Apple memasang harga diskon untuk model terbaru iPhone di situs resmi mereka pada Senin (15/1/2024). Promo ini berlaku mulai 18 Januari hingga 21 Januari, menyambut perayaan Tahun Baru China.

Pangkas harga yang diberlakukan mencapai 500 Yuan atau sekitar Rp 1 juta, setara dengan 5% dari harga asli seri iPhone 15 di China. Langkah ini mengejutkan mengingat Apple jarang memberikan diskon pada iPhone terbaru dalam beberapa tahun terakhir, terutama menjelang Tahun Baru China.

Baca Juga:5 Cara Pakai Google Bard, Teknologi AI Mirip ChatGPTCara Aktivasi KTP Digital di Ponsel Pengganti e-KTP, 8 Langkah Cepat dan Mudah

Tradisi pemotongan harga sebelum Tahun Baru China biasanya dilakukan oleh Apple, tetapi diskon kali ini memiliki keistimewaan tersendiri.

Sebelumnya, harga seri iPhone 15 di China pernah dipotong pada akhir Oktober tahun lalu oleh mitra peritel seperti Pinduoduo dan Taobao, bahkan dengan diskon hingga lebih dari Rp 2 juta dari harga resmi Apple.

Pengurangan harga tidak hanya berlaku untuk iPhone 15 series, melainkan juga mencakup berbagai varian iPhone, termasuk iPhone 13 yang sudah berusia dua tahun hingga iPhone 15 Pro Max yang baru berusia beberapa bulan.

Perusahaan ini juga memberikan penawaran harga diskon untuk perangkat lainnya, termasuk MacBook Air, beberapa model iPad, beberapa model AirPod, dan Apple Watch SE. Misalnya, harga MacBook Air di China mengalami potongan hingga 700 Yuan atau sekitar Rp 1,7 juta.

Keputusan Apple untuk memberlakukan diskon pada iPhone 15 series datang di tengah meningkatnya preferensi konsumen China terhadap ponsel lokal, terutama produk Huawei.

Sementara itu, pemerintah China mulai mengintensifkan pengawasan terhadap penggunaan iPhone dan ponsel asing lainnya di beberapa lembaga pemerintahan.

Menurut analis dari Jefferies, penjualan iPhone di China mengalami penurunan hingga 30% pada tahun 2023. Proyeksi juga menunjukkan penurunan penjualan iPhone selama tahun 2024 dalam angka dua digit, tanpa adanya dorongan dari peluncuran seri iPhone 16.

0 Komentar