Tips Pilih Investasi yang Tepat Untuk Ibu Rumah Tangga, Yuk di Intip Agar Gak Salah Pilih!

Tips Pilih Investasi Untuk Para Ibu - ibu Rumah Tangga
Tips Pilih Investasi Untuk Para Ibu - ibu Rumah Tangga
0 Komentar

Realita Kita – Peran vital ibu rumah tangga dalam mengelola keuangan tidak bisa diabaikan. Investasi bukan hanya menjadi cara efektif untuk mengelola keuangan dengan baik tetapi juga merencanakan masa depan.

Tips Pilih Investasi Untuk Ibu Rumah Tangga

Meskipun tidak bekerja di luar rumah, ibu-ibu tetap memiliki peluang untuk menghasilkan keuntungan melalui investasi.

Friderica Widyasari Dewi, Ketua Eksekutif Pengawas Perilaku Usaha Jasa Keuangan OJK, memberikan beberapa tips pilih investasi yang sesuai untuk ibu rumah tangga.

Baca Juga:8 Tips Mengatur Keuangan Bulanan untuk Pasangan yang Baru MenikahPolytron Merilis Monitor Gaming Warrior PMD 27IQ9931, Resolusi Tinggi Dengan Desain yang Futuristik dan Harganya Terjangkau Cuma Rp 3 Jutaan!

Friderica menyoroti pentingnya pemahaman terhadap jenis investasi sebelum membuat keputusan, terutama mengingat adanya kebutuhan mendesak yang mungkin memerlukan akses cepat ke dana.

“Investasi memiliki berbagai pilihan, dan diversifikasi perlu dilakukan. Jangan meletakkan semua keuangan pada satu jenis investasi saja. Sama seperti membagi keuangan di beberapa tempat. Terkadang kita membutuhkan uang dengan cepat, misalnya ketika anak sakit kita perlu memiliki aset yang likuid kapan pun kita membutuhkannya,” ujar Frederica dalam acara

“Ngobrolin Literasi Keuangan, Karir, Keluarga untuk Bekal Masa Depan,” di GLO Coffee Bogor, Jumat (8/12/2023).

Dia juga mengungkapkan bahwa survei menunjukkan bahwa salah satu jenis investasi yang menjadi favorit para ibu adalah emas atau logam mulia. Beberapa juga memilih untuk berinvestasi di rumah atau properti.

Meskipun kedua investasi ini memiliki risiko masing-masing, investasi properti termasuk dalam aset yang tidak likuid, sulit untuk dicairkan.

“Membeli rumah itu tidak likuid; sulit menjualnya saat membutuhkan uang dengan cepat. Sedangkan emas sangat likuid. Jika membutuhkan uang, Anda dapat menjualnya. Emas dapat berbentuk logam mulia, misalnya perhiasan,” jelasnya.

Walau begitu, logam mulia terkadang dapat hilang. Oleh karena itu, dia menekankan pentingnya terus belajar bagi para ibu, termasuk memahami risiko investasi berdasarkan profil risiko dan jangka waktu investasi.

Baca Juga:Galaxy S Ultra Mini, Inovasi Samsung Hadir untuk Tantang iPhone 15 Pro!GTA 6 Prediksi Sensasional Pendapatan Rp 15,5 Triliun dalam Sehari!

Lebih lanjut, dia menegaskan agar tidak mudah tergoda oleh investasi yang menawarkan hasil besar. Dia menyarankan selalu menggunakan pertimbangan logis dan memastikan legalitas sebelum memilih investasi.

Hal ini diperkuat oleh data dari OJK yang menunjukkan bahwa Jawa Barat adalah daerah yang paling banyak menjadi korban penipuan investasi.

0 Komentar