AMD Ryzen Threadripper 7000, Sekring Anti Overclock dan Mitos Garansi Terpecahkan!

AMD Klarifikasi Terkait AMD Ryzen Threadripper 7000
AMD Klarifikasi Terkait AMD Ryzen Threadripper 7000
0 Komentar

Realita KitaAMD telah mengklarifikasi rumor terkait AMD Ryzen Threadripper 7000 yang menyebut bahwa prosesor tersebut dilengkapi dengan sekring anti-overclock, dan garansi akan hangus jika overclock dilakukan.

AMD Mengklarifikasi Tentang AMD Ryzen Threadripper 7000

Menurut AMD, keberadaan sekring tersebut memang benar adanya, dan sekring tersebut akan “meledak” jika prosesor di-overclock. Meskipun demikian, AMD menegaskan bahwa garansi prosesor, baik itu untuk seri Threadripper Pro 7000 (Storm Peak) maupun varian non-pro, tidak akan otomatis hangus akibat overclock.

Dalam pernyataannya, AMD menjelaskan, “AMD Ryzen Threadripper 7000 series memang dilengkapi sekring yang akan meledak jika di-overclock. Namun, sekring yang meledak ini tidak akan menghanguskan garansi prosesor.”

Baca Juga:Intel Pimpin Era AI PC dengan Prosesor Canggih Core Ultra, Terobosan Neural Processing Unit (NPU) untuk Kinerja Maksimal!Konami Rilis Update eFootball 2024 Versi 3.2.0, Ada Mode My League

AMD menambahkan bahwa pernyataan yang menyebut overclocking atau overvolting akan menghanguskan garansi prosesor adalah tidak benar.

Perlu dicatat bahwa kerusakan yang disebabkan oleh overclocking tetap akan menghanguskan garansi prosesor.

Sebagai perusahaan yang tidak anti-overclocking, AMD tetap mendukung overclocking sebagai salah satu fitur di platform WRX90 dan TRX50.

Rumor terkait overclocking muncul setelah David Huang, seorang pengguna X, menunjukkan peringatan dalam BIOS motherboardnya yang menyatakan bahwa mode overclocking dapat menghanguskan garansi.

Beberapa motherboard untuk Threadripper juga menampilkan pesan peringatan serupa.

Sebagai tanggapan, AMD menyatakan akan menghubungi mitra OEM-nya untuk menghilangkan pesan peringatan tersebut dari BIOS, karena pesan tersebut tidak sesuai dengan pendekatan AMD terhadap overclocking prosesor Threadripper Pro 7000.

Sekring yang ada pada AMD Ryzen Threadripper 7000 bukanlah hal baru dan telah ada pada chip HEDT dan workstation AMD sebelumnya.

Fungsi sekring tersebut adalah sebagai penanda untuk AMD bahwa prosesor tersebut pernah di-overclock. Hal ini memungkinkan AMD menolak klaim garansi jika kerusakan prosesor disebabkan oleh overclocking.

Baca Juga:Cara Menggunakan Fitur Whatsapp Sematkan Pesan, Gampang!Spesifikasi dan Harga Smart Band 8 Pro Edisi Genshin Impact

Dengan klarifikasi dari AMD, dapat disimpulkan bahwa AMD Ryzen Threadripper 7000 memang dilengkapi dengan sekring anti-overclock, namun garansi prosesor tidak otomatis hangus akibat overclock.

Meskipun pesan peringatan dalam BIOS menyebutkan hal tersebut, AMD menegaskan dukungannya terhadap overclocking pada platform WRX90 dan TRX50.

Sekring tersebut berfungsi sebagai penanda untuk menolak klaim garansi jika kerusakan prosesor disebabkan oleh overclocking, meski perusahaan berusaha menghilangkan pesan peringatan yang tidak sejalan dengan pendekatannya terhadap overclocking.

0 Komentar