AMD Ryzen Threadripper 7000, Sekring Anti Overclock dan Mitos Garansi Terpecahkan Cek Penjelasan Lengkap Nya disini

AMD Ryzen Threadripper 7000
AMD Ryzen Threadripper 7000
0 Komentar

REALITAKITAAMD mengklarifikasi kabar tentang Ryzen Threadripper 7000 yang dilengkapi dengan sejenis sekring anti-overclock, dan menegaskan bahwa garansinya akan batal jika prosesor tersebut di-overclock.

AMD membenarkan keberadaan sekring tersebut dan mengungkapkan bahwa sekring tersebut akan “meledak” dalam kondisi di-overclock.

Meskipun begitu, AMD  menegaskan bahwa garansi prosesor, baik pada seri Threadripper Pro 7000 (Storm Peak) maupun varian non-pro, tidak akan otomatis hangus akibat overclocking.

Baca Juga:Boat Lunar Pro LTE, Jam Tangan Pintar Terbaru Stylish dengan Koneksi eSIM dan Layar AMOLED 1,39 Inci10 Daftar Game yang Akan Dirilis Tahun 2024 Terbaik dan Paling Dinantikan

AMD Ryzen

“Threadripper 7000 series memang dilengkapi sekring yang akan meledak jika di-overclock.

Namun sekring yang meledak ini tidak akan menghanguskan garansi prosesor,” ujar AMD dalam pernyataannya, seperti dilansir realitakita dari Tomshardware pada Jumat (15/12/2023).

AMD menambahkan bahwa klaim yang menyebut overclocking atau overvolting akan menyebabkan hangusnya garansi prosesor adalah tidak benar.

Meski demikian, AMD mencatat bahwa kerusakan prosesor akibat overclocking tetap akan mengakibatkan kehilangan garansi.

AMD secara konsisten menunjukkan dukungan terhadap overclocking sebagai salah satu fitur pada platform WRX90 dan TRX50.

Rumor seputar overclocking muncul setelah David Huang, seorang pengguna X, menunjukkan peringatan dalam BIOS motherboardnya yang menyebutkan bahwa mode overclocking dapat menyebabkan batalnya garansi.

Beberapa motherboard untuk Threadripper juga menampilkan pesan peringatan serupa, dan sebagai respons, Pihak tersebutr pun berencana menghubungi mitra OEM-nya untuk menghapus pesan tersebut dari BIOS, sejalan dengan sikap pihak tersebut terhadap overclocking pada prosesor Threadripper Pro 7000.

Baca Juga:Ponsel Realme C67 5G Meluncur, Spesifikasi Unggulan dan Kejutan Varian Indonesia!Asus Meluncurkan TUF Gaming A16 Advantage Edition, Laptop Gaming 16 Inci Terbaru dengan Performa Unggul dan Desain Canggih!

Penting untuk dicatat bahwa sekring yang ada pada Threadripper Pro 7000 bukanlah hal baru dan sudah sering digunakan pada chip HEDT dan workstation AMD.

Fungsinya sebatas menjadi penanda bagi pihak tersebut, menunjukkan apakah prosesor telah mengalami overclocking. Dengan demikian, jika ada klaim garansi terkait kerusakan akibat overclocking, Chipset dapat menolak klaim tersebut.

Secara keseluruhan, Chipset berwarna merah ini telah memberikan klarifikasi mengenai keberadaan sekring anti-overclock pada Ryzen Threadripper 7000, menegaskan bahwa meskipun sekring tersebut dapat “meledak” saat di-overclock, garansi prosesor tidak akan secara otomatis hangus.

Pihak tersebut membantah klaim bahwa overclocking akan menyebabkan pembatalan garansi, sementara kerusakan akibat overclocking tetap merupakan faktor yang dapat mengakibatkan kehilangan garansi.

0 Komentar