Manfaat Positif Rutin Berjalan Kaki Setiap Hari untuk Kesehatan yang Dapat Menghindarkan Kamu dari Kematian Dini

Manfaat Baik Dari Rutin Berjalan Kaki
Manfaat Baik Dari Rutin Berjalan Kaki
0 Komentar

Realita Kita – Meskipun tampak simpel, rutin berjalan kaki setiap hari membawa manfaat luar biasa bagi tubuh Anda. Aktivitas fisik ini bahkan terbukti bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. 

Anda tak perlu mencapai 10 ribu langkah per hari; hanya dengan melangkah sebanyak 6 ribu hingga 9 ribu langkah, Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 40 persen! 

Dokter Dwita Mengungkapkan Manfaat Rutin Berjalan Kaki 

“Berjalan kaki memerlukan suplai oksigen untuk membuat otot bekerja, sehingga ini merupakan jenis olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Dengan konsistensi dalam penggunaan oksigen, jantung Anda akan menjadi lebih kuat dan meningkatkan kebugaran kardiorespirasi,” kata dr. Dwita Rian Desandri, SpJP(K), dalam acara Webinar World Heart Day 2023 pada Minggu (1/10/2023). 

Baca Juga:Cara Jual Uang Koin 500 1992, Panduan Komprehensif untuk Kamu Pasti Cuan!3 Daftar Perangko Langka yang Dicari, Dengan Harga Yang Bikin Tercengang!

Selain memberikan manfaat besar bagi jantung, berjalan kaki setiap hari juga meningkatkan kapasitas paru-paru. 

Selain itu, berjalan kaki rutin juga dapat mengurangi kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan membantu mengatur kadar gula darah. 

Menurut dr. Erta Priadi Wirawijaya, SpJP, FIHA, kebiasaan berjalan kaki setiap hari juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung pada usia muda. 

Hal ini sangat penting mengingat semakin banyak generasi muda yang menghadapi masalah jantung. 

“Dalam penelitian, berjalan kaki dengan rata-rata di atas 6 ribu langkah, atau bahkan lebih baik jika mencapai 9-10 ribu langkah per hari, dapat mengurangi angka serangan jantung, dengan tingkat kematian akibat penyakit jantung menurun hingga 42,3 persen,” jelas dr. Erta. 

Selain manfaat kesehatan, rutin berjalan kaki atau berolahraga juga memiliki dampak positif pada penampilan Anda. 

Selain membantu menurunkan berat badan, olahraga juga dapat membuat kulit wajah terlihat lebih segar dan awet muda. 

0 Komentar